Saturday , 23 August 2014

Home » BATAM » Pelayanan Kantor Imigrasi Batam Prioritaskan Biro Jasa ?

Pelayanan Kantor Imigrasi Batam Prioritaskan Biro Jasa ?

Pelayanan Sempat Membaik Kini Kembali Dikeluhkan Masyarakat

imigrasi batam konterBatam | berita-batam.com : Pengurusan paspor di kantor Imigrasi kelas I Batam, ternyata belum banyak memenuhi harapan masyarakat. Padahal saat baru menjabat dua bulan, Kepala kantor Imigrasi Yudi Kurniadi sudah mengeluarkan pernyataan akan melakukan pembenahan. Menyusul isu kesemrawutan pengurusan pasport di kantor Imigrasi Batam.

Bahkan isu pelayanan kantor yang berlokasi di Batam Centre ini, sempat mengundang kedatangan Wakil Menteri Hukum dan Ham yang melakukan inspeksi mendadak beberapa waktu lalu.

Pantauan wartawan di kantor Imigrasi Batam, paska seminggu hadirnya kepala kantor baru,  Yudi menjabat di kantor Imigrasi,  memang sempat membuat gerah para calo yang biasa mangkal di kantor Imigrasi Batam. Dan terbukti pasport express yang  selesai satu haripun tidak bisa lagi dibuat. Kondisi ini bahkan sempat menjadi perhatian dan mendapat apresiasi masyarakat Batam. Karena  pelayanan pengurusan pasport semakin baik ditambah dengan pengurusan paspor secara online sehingga masyarakat dapat melakukan pengurusan tanpa harus antri ke kantor Imigrasi Batam.

Namun sayangnya, seiring waktu  kembali muncul perbedaan pelayanan antara  pengurus paspor secara sendiri dengan para calo atau biro jasa. Salah satu narasumber berita-batam.com mengatakan pengurusan paspor secara pribadi terkesan dipersulit. “waktu mengambil formulir katanya sudah tidak bisa lagi, karena pelayanan hanya sampai pukul 10:00 WIB. Namun ketika diminta kepada salah satu biro jasa ternyata masih bisa mendapatkan formulir” ungkap sumber berita-batam.com.  Anehnya meski kosong di kantor imigrasi namun terlihat didalam tas biro jasa terlihat tumpukan kertas formulir

Demikian juga dengan proses antrian yang nomornya dibatasi. Sehingga berpotensi hanya di ambil oleh oknum tertentu.

Pengakuan salah satu biro jasa yang mangkal disana mengungkapkan pungli masih tetap ada disini (kantor Imigrasi) dari pengambilan map 20 ribu hingga 50 ribu tergantung orang ungkapnya. Namun dirinya menolak  merincikan pungli yang dimaksud.

Dalam proses photo calon pemegang paspor,  pengurus juga harus menyelipkan sekitar 50 ribu didalam map berkas. Agar cepat dilayani. Dan yang terakhir pada konter administrasi, biro jasa harus memberikan 150 ribu rupiah perbekas paspor.

Kepala kantor Imigrasi kelas 1 Khusus Batam Yudi Kurniadi yang dikonfirmasi melalui ponsel, belum memberikan jawaban terkait permasalahan tersebut. (Sik)

 

 

scroll to top